Selasa, 28 Agustus 2012

Tata-Cara Penyelesaian Keluh Kesah


Sumber foto: Google
Didalam hubungan kerja terjadinya keluh kesah adalah hal yang wajar.  Keluh kesah yang tidak terselesaikan dapat mengakibatkan hubungan yang disharmoni antara pekerja dengan pengusaha. Oleh karena itu setiap pekerja berhak untuk mendapatkan penyelesaian atas keluh kesahnya agar hubungan pihak-pihak ditempat kerja menjadi harmonis. 

Dibawah ini tata-cara penyelesaian keluh kesah sebagaimana ditaur pada PKB Pasal 93 dan 94.

Pasal 93
Umum

1.      Setiap Pekerja dapat menyampaikan keluh kesah mengenai hal-hal yang menurutnya tidak adil atau tidak wajar serta bertentangan dengan Perjanjian Kerja Bersama dan Peraturan Perundangan yang berlaku.

2.      Pihak Perusahaan dan serikat Pekerja berusaha untuk menyelesaikan keluh kesah yang disampaikan oleh Pekerja secepatnya dan seadil mungkin.


Pasal 94
Tata cara Penyampaian Keluh Kesah

1.      Langkah pertama: Pekerja menyampaikannya kepada atasan langsung.

2.      Langkah kedua: Apabila dalam langkah pertama belum ada penyelesaian atau tidak memuaskan baginya, maka Pekerja dengan sepengetahuan atasan langsung dapat meneruskan persoalan atau pengaduan kepada atasan yang lebih tinggi, atasan tersebut harus bersedia menerima dan menyelesaikan keluh kesah Pekerja.

3.      Langkah ketiga: Apabila penyelesaian keluh kesah dengan atasan Pekerja tidak mendapatkan hasil yang memuaskan, maka Pekerja dengan sepengetahuan atasannya dapat meneruskan keluh kesahnya ke HRD dan memberikan tembusan ke Serikat Pekerja.

4.      Langkah keempat: Apabila Pekerja masih merasa dirugikan maka Pekerja menyampaikan keluhannya ke Serikat Pekerja dan dicari penyelesaiannya melalui musyawarah antara Direksi dan Serikat Pekerja.

5.      Langkah kelima: Apabila setelah melalui musyawarah antara Serikat Pekerja dan Perusahaan masih belum tercapai penyelesaian, maka dapat ditempuh melalui jalur  arbitrasi mediasi.

6. Setiap Pekerja yang menyampaikan keluhan kepada Serikat Pekerja dan atau Perusahaan setelah melewati tata cara penyampaian keluh kesah diatas dan tidak boleh ada intimidasi atau ancaman dari atasan Pekerja.

1 komentar:

  1. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara yang berlipat ganda, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammer dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam usaha yang tulus dan nyata,

    Saya ingin memberikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya kepada pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Rahmat, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan banyaknya uang yang dikeluarkan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, kemudian saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Nyonya ELINA JOHNSON yang merupakan CEO dari PINJAMAN GLOBAL ELINA JOHNSON.

    Jadi saya dan suami mengajukan pengajuan pinjaman (Rp1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengindahkan usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya inginkan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya datang. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com
    Tak berhenti sampai disitu, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.
    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa agar ALLAH memberkatinya atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com info lebih lanjut ..

    BalasHapus