Rabu, 01 September 2010

Upah Selama Skorsing

Ruang Sidang PHI
Ada kekacauan penafsiran atas upah yang seharusnya diterima karyawan selama skorsing. Seharusnya karyawan tetap menerima upah penuh selama menjalani skorsing sekalipun lebih dari tiga bulan karena menunggu keputusan dari LPPHI sehubungan dengan proses PHK.

Tetapi penafsiran yang terjadi saat ini karyawan yang di skorsing hanya mendapat upah penuh selama tiga bulan dan setelah tiga bulan upah tidak lagi dibayarkan.  Apakah penafsiran ini benar? Coba kita lihat PKB Pasal 73 Ayat 2:

Jangka waktu skorsing dalam ayat (1) paling lama 3 (tiga) bulan berhak atas Upah sebesar 100 % (seratus persen) dari Upah sebulan.

Makna dari pasal ini ada dua hal yaitu:
1. Skorsing diberikan paling lama 3 bulan maka setelah 3 bulan karyawan yang bersangkutan bisa kembali masuk kerja dan menjalankan pekerjaannya.
2. Selama skorsing yang 3 bulan itu, karyawan yang bersangkutan tetap mendapat upah 100%. 

Cob kita lihat lagi ayatnya yang ke 3:

Dalam hal Pekerja menunggu keputusan dari Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial apabila Pekerja dalam proses Pemutusan Hubungan Kerja, maka selama skorsing tetap menerima Upah beserta hak-hak lainnya yang biasa diterima Pekerja. (ref. UU. No. 13/2003, Pasal  155 ayat  3)


Makna dari pasal ini adalah:
1. Skorsing dalam hal menunggu keputusan dari LPPHI dapat dilakukan lebih dari tiga bulan.
2. Selama skorsing tersebut upah tetap dibayar penuh.


Dengan demikian menggunakan PKB Pasal 73 Ayat 2 untuk menghentikan pembayaran upah bagi karyawan yang sedang menjalani skorsing lebih dari tiga bulan adalah suatu kesalahan dalam menafsirkan dan memahami PKB. (NFS)


Pasal 73
Pembebasan Tugas atau Skorsing

1.        Perusahaan dapat melakukan pembebasan tugas atau skorsing dan melarang Pekerja memasuki lokasi kerja Perusahaan dalam hal-hal sebagai berikut.

a.       Pekerja tidak menunjukkan atau melakukan perbaikan perilaku setelah menerima Surat Peringatan terakhir.

b.      Terdapat petunjuk kuat bahwa  Pekerja melakukan sabotase pada Perusahaan.

c.       Ditemukan indikasi kuat bahwa Pekerja melakukan pelanggaran atau kesalahan dan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Perjanjian Kerja Bersama ini yang dapat dikenakan Pemutusan Hubungan Kerja

d.      Pekerja ditahan oleh pihak yang berwajib.

2.        Jangka waktu skorsing dalam ayat (1) paling lama 3 (tiga) bulan berhak atas Upah sebesar 100 % (seratus persen) dari Upah sebulan

3.        Dalam hal Pekerja menunggu keputusan dari Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial apabila Pekerja dalam proses Pemutusan Hubungan Kerja, maka selama skorsing tetap menerima Upah beserta hak-hak lainnya yang biasa diterima Pekerja. (ref. UU. No. 13/2003, Pasal  155 ayat  3).

3 komentar:

  1. Skorsing selama menunggu keputusan LPPHI upah tetap dibayar (UU 13/2003 psl 155 ayat 3),, dalam UU No.13/2003 tidak ada ketentuan yang mengatur Skorsing selama menunggu proses pemulihan/perbaikan perilaku sehingga jika PP/PKB mengatur hal demikian menurut hemat saya syah-syah saja karena ketentuan yang demikian yang perlu diatur dalam PP/PKB.

    BalasHapus
  2. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara yang berlipat ganda, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammer dan penipu, ada banyak kreditor kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam usaha yang tulus dan nyata,

    Saya ingin memberikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya kepada pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Rahmat, setelah saya dibodohi oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan banyaknya uang yang dikeluarkan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, kemudian saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapat Pinjaman online, kami meresmikan masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Nyonya ELINA JOHNSON yang merupakan CEO dari PINJAMAN GLOBAL ELINA JOHNSON.

    Jadi saya dan suami mengajukan pengajuan pinjaman (Rp1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengindahkan usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya inginkan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya datang. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com
    Tak berhenti sampai disitu, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang cara berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.
    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa agar ALLAH memberkatinya atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com info lebih lanjut ..

    BalasHapus